Cara mengatasi Gagal Shutdown di Windows 10

Cara mengatasi Gagal Shutdown di Windows 10

   Meski merupakan versi yang paling mutakhir, tidak berarti Windows 10 sudah terbebas dari bug. Seperti laporan dari kebanyakan pengguna Windows yang baru saja meng-upgrade OS nya ke versi ke sepuluh ini bahwa saat mereka mematikan (shut down) komputer mereka, tiba-tiba komputer tersebut melakukan restart dengan sendirinya. Bukan karena gangguan mahkluk halus tentunya. 

   Eits! Jangan buru-buru menyesal dulu karena sudah telanjur menginstall Windows 10. Berhubung hanya berupa bug, masalah gagal shutdown tadi bisa diselesaikan cukup dengan 3 cara simpel. Bagaimana caranya?


Cara 1 - Menonaktifkan Fast Startup

   Di verinya yang ke sepuluh ini, Windows menyediakan sebuah fitur yang terbilang baru bernama Fast Startup, yang fungsinya tak lain seperti namanya, yakni mempercepat proses booting Windows. Namun di beberapa perangkat, fitur inilah yang menjadi penyebab terjadinya gagal shutdown tadi. Nah, yang perlu kita lakukan sekarang adalah menonaktifkannya. 
  • Pada tombol Start, klik kanan lalu pilih power options. (atau langsung saja cari power options di search bar)
  • Pilih change what the power button does di pojok kiri atas. 
power options
  • Klik opsi change settings that currently unavailable di bagian atas. 
  • Hapus tanda centang pada opsi Turn on fast startup.
fast startup windows 10
  • Klik OK. 
   Sekarang coba matikan komputermu seperti biasa. Apakah cara di atas berhasil?


Cara 2 - Mengatur value default pada BIOS

   Jika cara di atas tidak berhasil, cobalah untuk memodifikasi settingan BIOS. 
  • Matikan komputer. Jika perlu lakukan force shutdown dengan menekan dan tahan tombol power di komputermu selama beberapa detik. 
  • Nyalakan kembali komputer sambil menekan tombol Del (atau tombol apapun yang membawa komputermu ke BIOS mode, bisa berbeda tergantung merek dan pabrikan komputer).
  • Pada BIOS mode, cari opsi apapun yang akan membawa value BIOS komputermu ke default
  • Pilih opsi tersebut, kemudian restart komputer. 


Cara 3 - Cari program yang mencurigakan

   Jika semua cara di atas masih tidak membuahkan hasil, mungkin yang menjadi sumber masalah terletak pada program atau proses yang terinstall di komptermu. Jika benar, maka komputermu akan memberi tahu program atau proses mana saja yang menghalangi komputermu untuk menjalankan perintah shutdown.

Task Manager

   Kamu bisa mencari sumber masalahnya di Task Manager, kemudian cari program atau proses yang mencurigakan. Jika tidak yakin, coba searching di Internet mengenai program-program yang berjalan di komputermu, karena tidak semua program dan proses yang berjalan sama di setiap komputer. 


Sekian dan semoga bermanfaat. 



Cara mengatasi Gagal Shutdown di Windows 10 Cara mengatasi Gagal Shutdown di Windows 10 Reviewed by Unknown on Maret 26, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.