9 Cara Ampuh Untuk Menghemat Bahan Bakar Mobil


9 Cara Ampuh Untuk Menghemat Bahan Bakar Mobil - Mengingat harga BBM yang saat ini cukup tinggi, sehingga mewajibkan para pemilik kendaraan khususnya mobil untuk melakukan penghematan BBM pada konsumsi kendaraan anda. Hal ini tentunya bertujuan untuk menyesuaikan pengeluaran anggaran bulanan anda, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli BBM. 

Lalu, bagaimana caranya?

Berikut ini merupakan 9 cara ampuh untuk menghemat bahan bakar mobil yang dapat anda lakukan, yaitu :

1. Mulailah dengan menginjak pedal gas secara perlahan
Pada saat anda akan mulai menjalankan mobil anda, lakukanlah dengan santai dan perlahan. Karena jika anda melakukannya dengan terburu-buru dan langsung menancapkan gas serentak, maka semburan bahan bakar akan lebih besar dan membuat bahan bakar cepat habis. Pada saat mobil sedang melaju pun, sebaiknya anda jangan sering mengocok pedal gas.

2. Matikan mesin pada saat kondisi jalanan macet parah
Pada saat kondisi jalanan sedang macet parah yang membuat anda terpaksa harus menunggu lama, sebaiknya matikan dulu mesin kendaraan anda. Selain membuat mesin menjadi lebih dingin, anda pun dapat lebih menghemat pengeluaran bahan bakar. 

3. Menjaga intensitas injakan rem
Melakukan penginjakan rem secara berulang-ulang dan sering dapat membuat semburan baham bakar lebih besardan boros, kenapa? Karena pada saat anda melakukan pengereman secara mendadak, maka setelah itu anda akan menginjak gas secara serentak untuk mengembalikan laju kendaraan anda. Hal inilah yang membuat semburan bahan bakar semakin besar dan boros. Tentunya jika kondisi jalanan sedang macet, maka anda akan terpaksa untuk melakukan hal tersebut. Tetapi akan lebih baik jika pada saat anda akan beranjak Go… lakukanlah secara perlahan jangan dilakukan secara serentak.

4. Mengatur kecepatan
“Semakin cepat laju mobil, maka semakin hemat BBM” anggapan itu pastinya sering kita dengar di kalangan masyarakat luas yang masih awam, padahal anggapan tersebut sangat tidak tepat. Faktanya, konsumsi BBM akan semakin besar hingga mencapai 50% karena disebabkan oleh faktor aerodinamika. Batas kecepatan yang efektif untuk menekan konsumsi bahan bakar mobil anda yaitu berada pada kecepatan dibawah 100 km/h, cara ini terbukti mampu menghemat BBM hingga 25%. 

5. Cek tekanan angin pada ban
Pastikan jika tekanan angin pada ban mobil anda pada batas tekanan normal, karena jika tekanan ban mobil terlalu rendah dapat menyebabkan beban mobil semakin berat. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat beban mesin semakin berat pula untuk menggerakan kendaraan anda, sehingga secara otomatis mesin membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. 

6. Tutup rapat jendela
Pastikan juga kondisi jendela mobil anda tertutup dengan rapat, karena jika jendela mobil anda terbuka dapat menyebabkan beban mobil bertambah karena adanya tekanan angin dari arah berlawanan pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada konsumsi BBM, karena semakin berat beban mobil semakin besar pula bahan bakar yang terbuang. Maka dari itu, sebaiknya anda menutup rapat jendela mobil anda pada saat sedang melaju kencang terutama pada saat berada di jalan tol.

7. Kurangi beban mobil
Beban mobil yang berat, pastinya akan membuat mesin bekerja lebih ekstra sehingga membuat mesin harus mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak. Cobalah periksa barang bawaan pada mobil anda, jika ada barang yang sekiranya tidak dibutuhkan sebaiknya dikeluarkan untuk mengurangi beban mobil anda.

8. Periksa keselarasan roda
Rutinlah untuk melakukan pemeriksaan keselarasan pada roda mobil anda, karena menurut penjelasan para ahli dan peneliti menjelaskan bahwa komponen pada kaki-kaki mobil memiliki pengaruh terhadap pemborosan bahan bakar sebanyak 10%.

9. Lakukan service secara berkala
Mesin mobil yang sehat akan lebih hemat bahan bakar. Maka, sangatlah penting untuk kita tetap menjaga kesehatan mobil dengan melakukan servis secara berkala di bengkel terpercaya.  

Nah, itulah 9 cara ampuh untuk menghemat bahan bakar mobil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.


9 Cara Ampuh Untuk Menghemat Bahan Bakar Mobil 9 Cara Ampuh Untuk Menghemat Bahan Bakar Mobil Reviewed by Unknown on Juli 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.