Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Kembali Seperti Baru


Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Kembali Seperti Baru - Pada saat kita membeli ponsel smartphone baru, pasti kinerja dari smartphone tersebut masih sangat bagus dan cepat untuk melakukan berbagai aktivitas dan juga perintah. Tetapi setelah digunakan dalam hitungan bulan atau bahkan minggu, kinerja dari smartphone tersebut sudah mengalami penurunan. Apakah anda tahu, apa alasannya?

Hal ini memang sering terjadi, bahkan hampir semua merk dan type smartphone pasti akan mengalami hal yang sama. Namun kondisi seperti ini wajar terjadi, karena berbagai alasan seperti virus, terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang, memori penuh dan lain sebagainnya. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya agar dapat kembali seperti semula? 

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan dirumah agar kinerja smartphone anda dapat kembali seperti baru. Yukk, kita langsung saja simak caranya berikut ini. 

1. Pastikan jika software selalu di update
Sistem operasi yang digunakan pada ponsel Smartphone merupakan sebuah software yang memiliki fungsi sangat vital, baik itu dari sistem iOS ataupun sistem operasi dari Android. Sebaiknya anda selalu rutin mangupdate software pada smartphone anda untuk menghilangkan bug, sehingga kinerja smartphone anda dapat kembali normal seperti baru.     

Untuk mengetahui cek update terbaru dapat dilihat pada menu pengaturan atau setting. Lakukan update tidak hanya pada sistem operasinya saja, tetapi juga pada bagian aplikasinya. Jika paket data yang anda miliki tidak mampu untuk melakukan update, maka sebaiknya anda memanfaatkan koneksi WiFi yang ada di tempat-tempat umum secara gratis seperti Mall, kantor dan tempat lainnya.

2. Menghapus aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan
Hampir semua pengguna smartphone sering menginstal aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak begitu penting dan dibutuhkan. Hal ini tentunya dapat menyebabkan memori menjadi penuh dan pada akhirnya akan dapat membuat kinerja dari smartphone anda menurun. Sebaiknya jika terdapat beberapa aplikasi yang tidak digunakan dihapus saja, karena walaupun tidak digunakan tetapi kemungkinan aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang. Sedangkan untuk aplikasi bawaan yang tidak dapat dihapus, maka anda dapat menonaktifkannya.

3. Matikan notifikasi yang tidak penting
Jika anda jarang menggunakan sosial media pada smartphone, sebaiknya anda menonaktifkan informasi pemberitahuan yang sekiranya tidak penting untuk anda. Karena tanpa kita sadari jika pemberitahuan ini dapat mempengaruhi kinerja smartphone kita. 

4. Bersihkan Home Screen
Pengguna smartphone dapat lebih mudah untuk menambahkan widget pada tampilan layar utamanya, namun pemakaian widget yang berlebihan malah akan dapat menurunkan performa pada smartphone kita. maka dari itu, pilihlah widget yang sesuai dengan kebutuhan anda dan gunakan yang lebih simpel saja.

5. Meminimalisir animasi
Jika smartphone anda menjadi lambat pada saat berpindah dari sebuah aplikasi ke aplikasi lainnya, maka sebaiknya anda menghentikan animasi yang berjalan pada sistem operasi smartphone anda. Untuk mengatasi masalah ini pada smartphone android, anda dapat masuk ke menu pengaturan, lalu aktifkan mode pengembang dan kemudian matikan semua animasi. Jika anda menggunakan jenis wallpaper bergerak, sebaiknya anda menggantinya dengan yang statis. Sedangkan untuk anda yang menggunakan iPhone, anda dapat mematikan tab zoom yang ada pada pengaturan Accessibility.

6. Bersihkan penyimpanan
Jika anda sering melakukan aktivitas seperti menginstal dan meng-uinstal berbagai aplikasi, download lagu, gambar dan file lainnya. Maka sebaiknya anda rajin-rajin membersihkan tempat penyimpanan data pada smartphone anda. Tetapi jika anda merasa sayang untuk menghapus file-file yang telah di kumpulkan, maka anda dapat memindahkan data tersebut ke laptop atau Google Drive.

7. Reset Smartphone
Ini merupakan solusi terakhir yang dapat anda lakukan, jika cara diatas memang tidak berhasil. Walaupun cara ini memang cara yang paling efektif unttuk mengembalikan performa smartphone anda seperti baru, namun beberapa aplikasi anda yang tidak di backup akan ikut terhapus.

Nah, itulah Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Kembali Seperti Baru, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Kembali Seperti Baru Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Kembali Seperti Baru Reviewed by Unknown on Juli 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.