Faktor Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Smartphone


Faktor Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Smartphone - Bagi para pengguna Smartphone Android pastinya pernah mengalami masalah pada proses pengisian daya baterai yang lama. Walaupun proses charger dilakukan selama berjam-jam, tapi baterai tidak kunjung terisi penuh. Pastinya hal seperti ini sangat menjengkelkan, bukan? Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, sehingga menyebabkan proses pengisian daya baterai sangat lama. 

Bagi anda yang mengalami hal seperti itu, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu faktor penyebabnya sebelum anda memutuskan untuk membeli baterai baru, charger baru atau membawanya ke tempat service. 

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab lamanya pengisian daya baterai smartphone anda, diantaranya yaitu :

Kondisi kabel charger yang buruk
Faktor penyebab pertama yang sering terjadi pasa kasus seperti ini biasanya terletak pada bagian kabel charger yang kondisinya sudah usang atau rusak, karena biasanya kabel charger sering kali dilipat, digulung, ditarik dan dipakai setiap hari bahkan dipakai secara bergantian dengan teman. Cobalah untuk mengganti kabel charger dengan yang baru, karena biasanya sebagian besar masalah pada pengisian daya terletak pada kabel charger yang sudah usang.

Adaptor rusak atau tidak sesuai
Lamanya pengisian daya juga bisa disebabkan oleh adaftor yang rusak atau tidak sesuai dengan smartphone yang anda gunakan. Proses pengisian daya baterai pada smartphone yang sering apalagi secara bergantian dapat membuat adaptor menjadi panas dan mudah rusak, sehingga daya yang dikeluarkan oleh adaptor menjadi lemah. Selain itu, pemakaian charger yang tidak sesuai juga dapat mempengaruhi lamanya proses pengisian baterai. Hal ini biasanya sering terjadi pada mereka yang membeli smartphone second yang dilengkapi dengan charger lokal atau abal-abal. Sebaiknya gunakan charger sesuai dengan petunjuk yang tertera pada buku panduan dan gunakanlah charger original sesuai dengan merk smartphone yang digunakan.

Lemahnya sumber daya listrik yang digunakan
Sebaiknya anda tidak menggunakan port USB yang terdapat pada PC atau laptop untuk mengisi daya baterai smartphone anda, karena daya pada PC atau laptop cukup lemah terutama dengan memakai port USB hub yang daya listrinya telah terbagi-bagi sehingga proses pengisian daya baterai akan sangat lama.

Kualitas baterai menurun
Baterai merupakan bagian komponen utama yang memiliki peran penting dalam lamanya proses pengisian daya pada baterai smartphone kita, kondisi kualitas baterai yang sudah menurun dapat menyebabkan pengisian daya menjadi lebih lama dan mudah habis. Hal ini biasanya dapat terjadi seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang sering, sehingga anda akan semakin sering mengisi ulang kembali daya pada baterai anda. Solusi dari masalah ini anda hanya perlu mengganti baterai dengan yang baru, pastikan baterai yang anda beli original sesuai dengan merk smartphone anda.

Banyak aplikasi berjalan dilatar belakang
Masalah lamanya proses pengisian juga dapat disebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan dilatar belakang smartphone anda, karena banyaknya aplikasi berjalan dapat menyebabkan kapasitas RAM menjadi penuh dan kinerja CPU menjadi lebih berat.

Selain itu, beberapa aplikasi nakal juga sering mengalami booting atau dapat berjalan secara otomatis walaupun sedang tidak kita jalankan. Untuk solusinya, sebaiknya anda rutin memeriksa task bar atau rutin membersihkan recent apps secara berkala. Jika masih terdapat aplikasi nakal yang tidak dapat dihibernasi, sebaiknya anda mencoba untuk meng-uninstal dan anda akan merasakan perbedaannya.

Port micro USB kotor atau rusak
Apabila anda sering memasuk keluarkan smartphone kedalam saku celana, maka kebiasaan tersebut dapat memicu masuknya debu atau partikel kecil kedalam port USB sehingga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kotoran yang dapat menghambat arus listrik masuk kedalam baterai. Anda dapat membersihkannya dengan benda plastik kecil, namun hati-hati jangan sampai port USB menjadi rusak atau tergores. Jika port USB smartphone anda mengalami kerusakan, maka sebaiknya anda membawanya ke jasa service profesional untuk diperbaiki.

Kesalahan para pengguna
Masalah lamanya pengisian daya tidak hanya dapat disebabkan oleh smartphone anda, tetapi bisa saja disebabkan oleh penggunanya sendiri. Sudah umum terjadi pada para pengguna yang sering menjalankan aplikasi atau bermain game pada saat sedang di charger, kesalahan ini sangatlah sering terjadi dan banyak diabaikan oleh para pengguna smartphone.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab lamanya pengisian daya baterai smartphone. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan dan semoga bermanfaat.


Faktor Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Smartphone Faktor Penyebab Lamanya Pengisian Daya Baterai Smartphone Reviewed by Unknown on Juli 10, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.